Sabtu, 31 Juli 2010

LAPORAN KKL II USULAN KONSEP MENCIPTAKAN BENTUK ARSITEKTUR MAYBRAT IMIAN SAWIAT - REKOMENDASI

USULAN KONSEP MENCIPTAKAN BENTUK ARSITEKTUR MAYBRAT, IMIAN, SAWIAT -REKOMENDASI

Berdasarkan Uraian hasil Penelitian dan pengujian kenyamanan thermal ruang dalam bangunan serta perkembangan Rumah tinggal suku Maybrat, Imian, Sawiat, dalam kehidupan sosial budaya, maka diciptakanlah bentuk arsitektur halit-mbol chalit yang sedikit adaptif dengan tuntutan kelayakan rumah sehat tanpa melepaskan nilai arsitekturalnya.











Struktur bentuk redesign kepala ornament dari tradisional menjadi bentuk moderen. Jenis ornament tersebut adalah rahang Babi dan Rahang Rusa, yang selanjutnya dikembangkan menjadi bentuk moderen dengan mempertahankan bentuknya sebagai dasar aliran. Untuk bentuk moderen telah dimodifikasikan sedemikian sehingga tampaklah suatu nilai estetika, dan karena pertimbangan estetika maka dibentukkan sedemikian. Nilai yang terkandung pada ornament ini adalah kebesaran seseorang.




Bentuk pengadopsian sisa kayu yang diambil dari kepala burung kakatua putih yang diadopsikan menjadi ornament pada bangunan arsitektur Maybrat, Imian, Sawiat.

Usulan/Rekomendasi Bentuk tidak harus kaku dengan menggunakan bahan kayu, tetapi dapat di kembangkan menjadi rumah moderen dengan bahan konstruksi beton tanpa meninggalkan gaya dan bentuk serta nilai-nilai aslinya.




Gambar listplank yang diadopsikan dari bekas kaki kepiting yang dikembangkan menjadi aliran arsitektur Maybrat, Imian, Sawiat.

Garis anak panah diatas yang dihubungkan antara rumah tradisional ke rumah moderen menunjukkan bentuk-bentuk bangunan dan aliran yang di-redesign menjadi bentuk moderen dengan gayanya yang tetap khas.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar